Jumat, Oktober 18, 2024

Sekda Wakili Pj. Bupati Terima Kunjungan Kerja Panitia Khusus (Pansus) DPRD Prov. Sulsel

TAKALAR  SNIPER TUNTAS.COM – Guna membahas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2025-2045, Panitia Khusus (Pansus) DPRD Prov. Susel melakukan Kunjungan Kerja ke Kantor Bupati Takalar.

Rombongan diterima oleh Sekretaris Daerah Kab. Takalar Muhammad Hasbi, S.STP., M.A.P., M.I.Kom. mewakili Pj. Bupati Takalar di Ruang Pola Kantor Bupati Takalar, Kamis 18 Juli 2024.

Tujuan dari kunker Pansus ini untuk memperoleh data dan informasi serta bahan masukan terkait materi muatan yang akan dimuat dalam Ranperda yang sementara dibahas oleh pansus.

Sekda Takalar dihadapan Ketua Pansus Prov. Sulsel Fahruddin Rangga, SE. M.Si dan 20 anggota DPRD Prov. Sulsel menyampaikan bahwa semua wilayah Kab. Takalar termasuk salah satu area metropolitan di makassar yang disebut kawasan Mamminasata. Dan kami juga memiliki dua proyek Strategis Nasional yaitu Proyek Industri Bendungan Pamukkulu dan Kawasan Industri Laikang.

“Karena Takalar masuk dalam kawasan Mamminasata, maka di Provinsi rancangan RPJPDnya dapat memasukkan sektor unggulan perdagangan dan jasa dan juga issu termasuk yang menjadi fokus kita di RPJPD Kab. Takalar yaitu pengembangan pariwisata. Takalar memiliki panjang pantai 74 Km dan berbatasan dengan Kota Makassar dan saat ini berkembang wisata kuliner pesisir diwilayah Galesong Raya, banyak wisatawan dari Kota Makassar dan sekitarnya yang berkunjung ke Kab. Takalar untuk menikmati kuliner ikan segar” Jelasnya.

Ditambahkan pula, kita juga menjadi produsen kedua penghasil rumput laut. Ditakalar juga banyak bangunan-bangunan bersejarah yang perlu dukungan dari Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat untuk pengembangan pariwisata, ada bangunan penjara lama dan stasiun kereta api pertama di sulsel.

“Untuk komoditi-komoditi pertanian di Kab. Takalar yang menjadi andalah adalah Tanaman pangan seperti beras, cabai dan tomat dan untuk holtikultura seperti semangka dan jagung. Jagung di takalar berbeda dengan jagung dari kabupaten lain karena memiliki rasa manis yang khas karena dimasak dengan tebu”. Imbuhnya

Dengan Pansus ini, H. Hasbi berharap bagaimana proyek strategis nasional mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi yang memiliki kewenangan termasuk akses jalan menuju kawasan industri, seperti di kawasan galesong raya yaitu Kec. Galesong Utara, Kec. Galesong dan Kec. Galesong Selatan jalananya perlu ditingkatkan.

Dikesempatan yang sama, Ketua Pansus DPRD Prov. Susel Fahruddin Rangga, SE. M.Si menyampaikan terima kasih atas sambutannya dalam menerima rombongan Pansus DPRD Prov. Sulsel 2025-2045. Semua hal yang telah dilaporkan oleh Sekda Kab. Takalar Insya Allah akan dimasukkan dalam rumusan RPJPD Provinsi Sulawesi Selatan agar menjadi pelengkap dan penyempurna RPJPD.

“Kita akan merancang RPJPD Prov. Sulsel untuk 20 tahun kedepan, untuk itu kita harus bersama-sama memperhatikan hal-hal apa saja yang dapat menjadi Provinsi Sulawesi Seatan berkembang termasuk daerah-daerahnya untuk kepentingan masyarakat” Tutup Ketua Pansus DPRD Prov. Sulsel.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua DPRD Takalar, Kepala Dinas Bappelitbangda Kab. Takalar, Kepala Bagian Hukum Setda Kab. Takalar dan Instansi terkait lainnya.

Lp : Arif

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_img

BERITA TERKINI

Recent Comments