Sabtu, Juli 13, 2024

Dandim 1426 Takalar Jadi Irup, Pada Peringatan Hari Gugurnya Pahlawan Nasional Ranggong Dg. Romo Dan Wafatnya Pahlawan Nasional H. Padjonga Dg. Ngalle

Takalar|Sniper tuntas.com- Dalam rangka peringatan Hari Gugurnya Pahlawan Nasional Ranggong Dg. Romo dan Wafatnya Pahlawan Nasional H. Padjonga Dg. Ngalle, bertindak selaku Irup Letkol Kav Nanang Sujatmiko, M.Han (Dandim 1426/Takalar), Perwira Upacara Kapten Inf Ashar (Danramil 1426-01/Polut), Komandan Upacara Lettu Inf Syarifuddin (Danramil 1426-03/Galut) di Lapangan Pemda Takalar Kel. Kalabbirang Kec. Pattallassang Kab. Takalar, Rabu (28/2/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh Forkopimda Kabupaten Takalar dan selalu perangkap Daerah Kabupaten Takalar.

Dalam amanatnya Irup mengatakan bahwa Ranggong Dg. Romo dan H. Padjonga Dg Ngalle adalah sebagai patriot, menegakkan dan membela kemerdekaan bangsa Indonesia. Dua tokoh ini adalah nasionalis sejati yang tidak diragukan lagi kecintaannya kepada NKRI. Lewat perjuangan dan diplomasinya, mereka berdua seakan berkata bahwa inilah putra daerah yang nasionalis tulen.

“Ini menunjukkan bahwa sejak dulu orang Takalar memang adalah pencinta tanah air Indonesia, pembela NKRI. Karena kedua tokoh inilah membuktikan bahwa orang Takalar bukan penghianat bangsa, bukan pengecut dan bukan pecundang. Dua tokoh ini telah mewakafkan seluruh pikiran, tenaga, waktu bahkan jiwa dan raganya untuk tegaknya Indonesia merdeka, “ungkap Dandim.

Tanggungjawab kita sekarang adalah melestarikan semangat  nasionalisme ini kepada diri kita, kepada generasi masa depan sebagai pelanjut eksistensi bangsa. Bukan hanya jiwa nasionalisme, tapi juga jiwa sosial, telah ditunjukkan oleh seorang Ranggong Dg Romo yang kita kenal sangat konsisten dalam memperjuangkan perasaan senasib sepenanggungan dengan sesama untuk mengubah jalan hidup menjadi lebih baik.

Pengorbanan yang dilakukan Ranggong Daeng Romo nyatanya tak sia-sia. Bersama Lapris (Laskar Pemberontak Rakyat Indonesia Sulawesi) yang merupakan gabungan sejumlah organisasi perjuangan se-Sulawesi Selatan, Daeng Romo berhasil mewujudkan perbaikan bagi lingkungan dan masyarakatnya. Demikian juga dengan Padjonga Dg Ngalle. Putra kelahiran Polombangkeng tahun 1901 ini dikenal sebagai pejuang yang cerdas dan pemberani, (Pendim 1426).(*)

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_img

BERITA TERKINI

Recent Comments