Senin, Juli 15, 2024

Pj Gubernur Bahtiar Kobarkan Semangat Gotong Royong di Kampus UNM Makassar

Makassar || SniperTuntas.com-
Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin, memberikan kuliah umum mengenai wawasan kebangsaan dan penguatan ideologi Pancasila, di hadapan mahasiswa Universitas Negeri (UNM) dan Panwaslu kabupaten/kota se-Sulsel, Kamis, 14 September 2023.

Hadir pada kegiatan tersebut, Ketua DPRD Sulsel Ina Kartika Sari, Ketua Bawaslu Sulsel Mardiana Rusli, dan Rektor UNM Prof. Husain Syam.

Kegiatan ini mengangkat tema Nasional-isme Goes To Campus yang dilaksanakan Direktorat Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar kembali menekankan pada penyelenggaraan Pemilu agar dapat terlaksana baik dari sisi anggaran, sarana dan prasarana maupun Sumber Daya Manusia (SDM) penyelenggara Pemilu. Selain itu, ia juga menyampaikan pentingnya budaya gotong royong sebagai falsafah Pancasila yang telah dicetuskan oleh Ir. Soekarno.

“Budaya gotong royong juga ini selaras dengan budaya Bugis Makassar sehingga perlu dilestarikan. Misalnya dahulu ketika ada tetangga pindah rumah, tetangga sekitar rumah itu berbondong-bondong untuk turut memindahkan rumah panggung,” jelasnya.

Kata dia, nilai-nilai gotong royong yang dicetuskan leluhur terdahulu mulai digeser dengan pertukaran budaya. Karena itu, melalui keterbukaan informasi, diharapkan  dapat ditingkatkan melalui budaya literasi.

Sementara, Rektor UNM Prof. Husain Syam menekankan pada pentingnya pemahaman Pancasila di lingkungan keluarga, maupun di lingkungan kampus. Salah satu budaya leluhur yang perlu dilestarikan yakni budaya gotong royong.

“Gotong royong ini salah budaya leluhur yang perlu dilestarikan khususnya kalangan kampus maupun di lingkungan keluarga,” tegasnya.

Lp ; IMDT

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_img

BERITA TERKINI

Recent Comments